Kronologi 1.280 Siswa Secapa AD Bisa Terinfeksi Virus Corona

Kronologi 1.280 Siswa Secapa AD Bisa Terinfeksi Virus Corona

BANDUNG - Sedikitnya 1.280 siswa di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) Bandung terpapar virus corona atau covid-19.

Bagaimana virus corona bisa masuk ke sekolah tersebut? Rupanya infeksi ini diawali dari dua prajurit yang mengalami sakit.

Hal itu diungkapkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Andika juga telah mengunjungi Secapa AD pada Sabtu (11/7).

\"Jadi tepatnya dua minggu lalu laporan pertama dari Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat pada saya, Hari Sabtu juga, diawali dari ketidaksengajaan, ada dua prajurit perwira siswa yang berobat ke Rumah Sakit Dustira,\" kata Andika dalam konferensi pers di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung.

Rumah Sakit Dustira merupakan rumah sakit terbesar milik TNI AD yang ada di Jawa Barat tepatnya di Kota Cimahi. Dua prajurit itu, kata Andika, mengeluhkan sakit yang berbeda.

\"Satu (prajurit) keluhan karena bisul, demam karena ada infeksi. Satu lagi, masalah tulang belakang, selanjutnya mereka diswab dan positif,\" ungkap Andika.

Atas dasar itu, pihaknya langsung mengirimkan alat rapid test untuk mengetahui kondisi prajurit lainnya.

Hari itu juga, pihaknya langsung mengirimkan alat rapid test untuk mengetahui kondisi anggota lainnya. Usai dilakukan rapid test, ternyata ada 187 anggota yang reaktif. Dari sana, lalu dilakukan swab test.

\"Dari situ kita ingin meyakinkan dan dilakukan swab test. Saya kirim VTM alat untuk swab, kemudian dilakukan swab dan dilakukan tes di laboratorium PCR, dari situlah kemudian sampai akhirnya ditemukan (siswa positif),\" ujarnya.

Andika menjelaskan, total anggota, staf termasuk anggota keluarga staf di Secapa AD yang positif Corona mencapai 1.280 orang.

\"Jumlah dari pasien yang positif COVID-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat total 1.280, dari 1.280 itu 991 adalah perwira siswa, sedangkan sisanya ada 289 adalah staf atau anggota Perwira Angkatan Darat beserta keluarga nya,\" ungkapnya. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: